Pengalaman Awal Ngeblog, Hingga Menghasilkan Uang

0
Website gratis untuk pesantren
Website gratis untuk pesantren
Pengalaman Awal Ngeblog, Hingga Menghasilkan Uang

Di tulisan ini saya ingin curhat pengalaman saya ngeblog dari awal hingga saat ini. Karena ada sebagian teman yang kadang kepo ingin tahu sejarahnya.

Sejak SD sampai SMP saya tidak mengenal komputer. Atau, lebih tepatnya saya tidak pernah belajar dan diajarkan komputer.

Hingga barulah tahun 2006 saya belajar komputer ketika saya duduk di bangku SMA yang ada di Cililin. Saat itu, pelajaran internet  sudah ada tapi merupakan barang langka. Bahkan untuk prakteknya, saya harus berangkat ke warnet yang lokasinya ada di Batujajar. Sebab di daerah sekitaran sekolah saya di Cililin saat itu belum ada warnet.

Baru sekitar tahun 2008, saya sudah mulai bisa leluasa akses internet. Tapi itu pun baru lewat hape. Seingat saya, di kelas (sekolah) kala itu saya termasuk orang pertama yang bisa ngulik cara akses internet dengan setting manual GPRS, dll. Saat itu jaringan yang umum dipakai memang jaringan GPRS, yang kalau dibanding dengan 4G saat ini sudah kalah jauh. Tapi di masanya kala itu GPRS sangat keren. Bisa download wallpaper saja sudah membuat girang minta ampun.

Situs medsos saat itu yang populer baru friendster, kemudian facebook. Bermedsos saat itu tidak seseru sekarang. Pertemanan di friendster maupun facebook sepi. Karena kala itu masih jarang orang/teman yang menggunakan media sosial. Saya masih ingat pertemanan di medsos kala itu kurang dari 100 orang.

Selain medsos, situd-situs yang agak ngetren dikit di kalangan teman adalah situs buat download lagu dan aplikasi. Kala itu situs-situs WAP seperti getjar dan waptrick cukup populer di kalangan teman karena menyediakan konten download yang cukup lengkap di masanya. Bahkan untuk konten yang dianggap negatif sekalipun, ada.

Baru tahun 2009 di Cililin mulai bermunculan warnet. Dan saat itu, saya mulai sering ke warnet. Bahkan agak kecanduan. Sebab saat itu saya merasa menemukan beberapa hal unik yang bisa saya eksplor dari internet.

Hingga akhirnya saya menemukan wordpress, blogger, xtgem, peperonity, dan situs blog maupun wapblog lainnya. Berbagai situs online yang menyediakan ruang untuk berkontribusi menyediakan konten di internet.

Saya pun membuat blog di situs-situs tersebut. Dan tentu mengelolanya dengan mengisi berbagai konten, meski seadanya. Tapi kegiatan ngeblog saat itu sudah mulai menjadi hobi saya.

Tahun 2012 saya kuliah dan mulai aktif di organisasi. Di ruang organisasi saya mematangkan pengalaman menulis saya yang sebelumnya memang seadanya.

Saya berkaca menulis pada senior Asep Bunyamin yang saat itu dikenal sebagai salah satu senior jago nulis. Selain itu, ada pula senior Edi Rusyandi yang saat ini kebetulan di tahun 2019 akan berkontestasi politik sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari partai Golkar nomor urut 3.

Setelah saya banyak belajar memperbaiki tulisan dari para senior, akhirnya saya pun lebih pede dalam menulis. Hingga akhirnya konten tulisan saya di blog semakin banyak.

Hal ini pun berbanding lurus dengan visitor saya yang juga semakin meningkat. Bahkan pernah mencapai 15 ribu kunjungan per hari. Dari potensi ini, saya diberitahu oleh salah satu teman bernama Asep Nurjaman (yang saat ini menjabat sebagai ketua PIK-R KBB dan kebetulan satu komunitas di Relawan TIK KBB) untuk memonetisasi blog saya. Dalam bahasa gaulnya, diduitkeun dengan cara memasang google adsense.

Dan saya laksanakan masukan yang beliau berikan. Setelah saya coba, alhamdulillah ketika saya konsisten ngeblog, saya mendapat penghasilan 1,5 juta per bulan. Lumayan uang segitu untuk jajan pulsa dan jajan-jajan.

Gitu.

Saat ini, perjalanan ngeblog saya sedang tidak mulus. Karena dalam ngeblog saya dituntut kontsisten dan kerja keras. Kenapa? Karena saya itu orangnya pemalas. Sedangkan menulis dan membuat konten itu membutuhkan ketenangan dan kesabaran. Terlebih apabila kita memiliki aktivitas lapangan yang padat, maka menulis itu kadang terbengkalai karena capek dan kehilangan mood.

Prinsipnya, ketidak konsistenan dalam membuat konten membuat penghasilan di blog kita menurun. Dan saya sedang mengalami itu. Penghasilan saya ferus menurun. Kini hanya ratusan ribu saja
 Bahkan sekarang dibawah 500 ribu. Hehe. Tapi mudah-mudahan bisa saya galakan lagi. Terlebih sekarang banyak teman yang meminta sorogan ngeblog ke saya. Saya asa katarik-tarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here